Emas Berjangka Turun Dampak Beberapa Data Ekonomi AS Kemarin Membaik

September 20th, 2013 by Hendra No Comment

Harga emas berjangka dalam dua hari terakhir meraih kenaikan, memperkecil kenaikan mingguan pertamanya dalam sebulan terakhir setelah dirilis data ekonomi AS tadi malam. Emas telah naik sebesar 2.9 persen minggu ini dan siap untuk menahan tiga minggu penurunannya setelah hasil FOMC Fed menetapkan bahwa akan ‘menunggu lebih banyak bukti-bukti’ terhadap pemulihan ekonomi AS sebelum memutuskan tapering pembelian obligasi bulanan senilai $85 milyar yang telah membantu logam kuning tersebut berada pada fase bullish selama 12 tahun hingga tahun 2012.

Dari data ekonomi yang dirilis semalam, tingkat penjualan rumah “second” di AS naik secara tak terduga selama bulan Agustus lalu ke level tertinggi dalam lebih dari enam tahun terakhir. Sementara klaim pengangguran juga naik kurang dari perkiraan pada pekan lalu.  Demikian juga data Philly Fed Manufacturing Index secara tidak terduga melonjak ke nilai 22.3 dari prediksi analis di nilai 10.2.

Kontrak berjangka untuk bulan Desember di Comex, New York turun 0.4 persen ke $1,364.70 per troy ounce dan selama pekan ini mencatat kenaikan sebesar 4.3 persen.