Dampak Ekonomi China Dan Konflik Korea Terhadap Yen

April 2nd, 2013 by Hendra No Comment

Pada sesi siang ini mata uang yen Jepang terpantau melanjutkan penurunan sekitar 77 pips dari level tertinggi harian di 93.32. Yen menguat untuk dua hari berturut-turut seiring dengan aksi perburuan safe haven yang dilakukan oleh para pelaku pasar financial.

Penguatan yen dipicu juga oleh aksi penyesuaian posisi menjelang rapat kebijakan moneter Bank Sentral Jepang (BoJ) tanggal 3-4 April ini. Lemahnya data ekonomi China dan meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea turut menambah data tarik yen sebagai asset safe-haven.

Yen Jepang hari ini terpantau berada di level 92.88. Saat ini yen berada di posisi paling tinggi sejak tanggal 1 Maret lalu. Penguatan yen terhadap dollar AS dan berhasil menembus level 92 untuk pertama kalinya dalam satu bulan terakhir.

Pergerakan yen Jepang hingga sesi malam ini akan cenderung mengalami koreksi naik dengan catatan bila harga dapat melampaui level 92.97 maka berpotensial menguji ke level resistance di 93.24.. Untuk hari ini yen diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 92.55 – 93.24.